Alasan Saya Memakai Domain .ID

October 26, 2017
Kelebihan memakai domain .id

Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri dulu ya. Nama saya Akbar Rahman. Saya berasal dari Aceh selatan.

Dulu sekitar 2 bulan yang lalu tepatnya pada bulan juli 2017 saya mendaftarkan domain aqbar.id ini. Saat itu saya beli domain ini di idwebhost, mumpung lagi promo.

Setelah saya beli domain aqbar.id yang saya pakai sekarang ini, saya sempat mengabaikan domain ini selama 2 bulan. Rasanya saya tidak ingin memakai domain id.

Ada beberapa alasan kenapa saya dulu tidak suka pakai domain .id, diantaranya :

  • Biaya perpanjangan lumayan mahal
  • Belum terlalu populer

Setidaknya 2 alasan tersebut yang membuat saya dulu malas memakai domain Anything id. Bahkan saya juga punya domain yang berekstensi .web.id tidak saya pakai hingga expired.

Namun beberapa hari yang lalu saya teringat lagi dengan domain aqbar.id ini yang saya beli 2 bulan lalu. Kemudian iseng-iseng saya cari kelebihan dan kekurangan dari domain Anything id.

Yang saya temukan sangat banyak kelebihan dari domain Anything id ini. Diantaranya :

  • Mudah di ingat
  • Lebih seo di google.co.id
  • Loading blog jadi cepat
  • Lebih terpercaya
  • Ekstensi singkat hanya 2 huruf

Kemudian saya juga melihat salah satu blogger ternama di Indonesia juga memakai domain .id untuk blognya. Siapa lagi kalau bukan Mas Sugeng (sugeng.id).

Dalam pencarian saya di google, saya juga menemukan beberapa kekurangan untuk domain .id ini. Beberapa diantaranya adalah :

  • Proses aktivasi lama
  • Periode pendaftaran singkat
  • Harga terlalu mahal
  • Persyaratan sulit

Itu adalah beberapa kekurangan domain anything id yang saya temukan. Namun saya rasa sekarang semua kekurangan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

1. Proses Aktivasi Lama

Saya rasa ini sudah tidak berlaku untuk sekarang. Saya sendiri mendaftarkan domain aqbar.id 2 bulan yang lalu hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Kalau saya tidak salah sekitar 5 jam sudah aktif. Jadi tidak harus lagi menunggu 2 hari seperti saya mendaftarkan domain .id setahun yang lalu.

2. Periode Pendaftaran Singkat

Dulu memang periode pendaftaran domain anything id cuma bisa sampai 2 tahun saja. Namun sekarang domain anything id sudah bisa di daftarkan dengan periode hingga 10 tahun seperti domain .COM. Bila Anda tidak percaya silahkan lihat gambar dibawah ini. Saya coba registrasi di qwords.

Keranjang Belanja Domain Qwords

3. Harga Terlalu Mahal

Untuk saat ini saya rasa harga domain anything id sudah tidak terlalu mahal seperti dulu. Jika dulu harga domain .id ini bisa sampai 500 ribu per tahun. Namun untuk saat ini harga domain .id paling mahal hanya 250 ribu. Banyak juga yang memberikan promo domain .id hingga 50 ribu per tahun.

4. Persyaratan Sulit

Banyak yang mengeluh karena pendaftaran domain anything id harus menggunakan KTP atau dokumen lainnya. Namun itu tidak berlaku lagi untuk sekarang. PANDI telah mengumumkan bahwa mulai tanggal 1 agustus 2017 pendaftaran domain anything id sudah tidak perlu memakai KTP lagi.


Sekarang pendaftaran domain anything id sudah sama seperti pendaftaran domain .COM dan domain populer lainnya. Anda tidak perlu lagi menyiapkan dokumen.

Sekarang saatnya memakai domain anything id sebagai indentitas kita orang Indonesia. Cintailah produk dalam negeri untuk memajukan Negara kita ini hehe.

Baiklah saya rasa artikel kali ini cukup sampai disini dulu. Semoga artikel yang saya bagikan kali ini bermanfaat buat Anda semua. 

Share this

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Blog Sederhana Ini. Semoga Apa Yang Kami Bagikan Di Blog Ini Bermanfaat Buat Semua.


Artikel Terkait

PERHATIAN...!!!
  • Untuk Sementara Kolom Komentar Kami Tutup Untuk Waktu Yang Belum Di Tentukan
  • Apabila Ada Pertanyaan Atau Kritikan Silahkan Hubungi Kami Melalui Halaman Kontak.

Ads Sidebar